Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran. Berikut di bawah ini informasi berbagai macam metode pembelajaran yang paling populer dan biasa digunakan dalam proses belajar mengajar.


Macam-macam Metode Pembelajaran


Dalam setiap proses belajar mengajar pastilah melibatkan 2 pihak secara terus menerus yaitu pihak pelajar dan juga pihak pengajar. Namun disamping kedua belah pihak yang terlibat tersebut tentu ada faktor lain juga yang turut berpengaruh dalam lancar atau tidaknya proses belajar mengajar.

Salah satu faktor penting yang dapat menetukan apakah proses belajar mengajar akan berhasil atau tidak adalah metode pembelajaran. Metode inilah yang nanatinya akan selalu dipakai ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dan jenis metode yang dipakai akan sangat menentukan keberhasilan prosesnya. --Macam-macam Metode Pembelajaran


Macam-macam Metode Pembelajaran Secara Umum


Dalam dunia pengajaran tentu saja ada banyak sekali metode belajar atau cara mengajar yang bisa diterapkan pada siswa. Berikut ini akan sedikit dijelaskan secara singkat mengenai macam-macam metode pembelajaran yang bisa digunakan.

Secara umum macam-macam metode pembelajaran dibagi menjadi 3 bagian utama. Ketiga bagian tersebut yaitu :

  1. Metode Pembelajaran Langsung
  2. Metode Pembelajaran Kooperatif
  3. Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah

Secara lebih detail mengenai macam-macam metode pembelajaran secara umum di atas akan dijelaskan dengan lebih rinci di bawah.


1. Macam-macam Metode Pembelajaran - Metode Pembelajaran Langsung


Metode Pembelajaran Langsung adalah salah satu jenis metode pembelajaran yang paling banyak dipakai dan paling sering kita lihat di mana-mana. Pengertian pembelajaran langsung adalah metode pembelajaran dimana peran guru atau pengajar lebih dominan. di sini guru menjadi pusat pengajaran dengan cara memberikan secara langsung informasi yang ada kepada para pelajar.

Dan secara lebih rinci, metode pengajaran secara langsung ini ada beberapa macam. Macam-macam metode pembelajaran langsung yaitu:
  • Ceramah. Ceramah adalah metode pengajaran langsung yang paling umum. Di dini pengajar akan secara langsung menyampaikan bahan pengajaran secara lisan kepada para pelajar. dengan harapan dapat diterima secara langsung.
  • Praktek. Istilah lain dari metode Praktek ini adalah Latihan. Di sini siswa akan diberikan pengajaran dengan cara mempraktekkan secara langsung atau secara nyata semua teoriri yang telah diajarkan sebelumnya. Harapan yang ingin dcapai adalah agar siswa bisa melatih ketrampilan atas teori yang telah diajarkan.
  • Ekspositori. Metode ekspositori ini hampir serupa dengan metode pembelajaran ceramah. Yang membedakan adalah di metode ekspositori ini para pengajar lebih sedikit berbicara dibandingkan dengan metode ceramah.
  • Demonstrasi. Pada metode demonstrasi pada dasarnya hampir serupa juga dengan metode ekspositori maupun metode ceramah. Bedanya di metode ini pelajar akan lebih banyak dilibatkan secara langsung pada proses belajarnya. Dan di sini pengajar akan memberikan contoh nyata.
  • Questioner. Questioner merupakan bentuk metode pengajaran yang menggunakan pertanyaan. Di sini pengajar akan memberikan pertanyaan pada para siswa untuk menguji kebrhasilan proses belajar mereka.
  • Mencongak. mencongak adalah proses belajar yang hampir mirip dengan questioner, dimana pengajar akan mengajukan pertanyaan yang sifatnya hafalan. --Macam-macam Metode Pembelajaran


2. Macam-macam Metode Pembelajaran - Metode Pembelajaran Kooperatif


Macam-macam Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran kooperatif juga adalah salah satu dari macam-macam metode pembelajaran yang cukup banyak digunakan, terutama di kelas dengan banyak siswa. Secara sederhana metode pembelajaran kooperatif bisa disebut sebagai belajar berkelompok. 

Di sini pengertian metode pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajaran dimana siswa akan belajar secara berkelompok. Siswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dengan anggota siswa yang kemampuannya sangat beragam. Tujuannya adalah agar dengan kemampuan yang beragam tersebut para siswa akan bisa saling bekerjasama dan saling membantu dalam proses belajar mengajar. Dengan begitu diharapkan siswa akan lebih mudah memahami bahan pengajaran.

Metode pembelajaran kooperatif bisa dibagi lagi menjadi macam-macam metode pembelajaran, yaitu:
  • Student Teams Achievement Division atau disingkat STAD
  • Group Investigation
  • Jigsaw
  • Structural Approach 

Beberapa metode pembelajaran kooperatif tersebut di atas bisa digunakan untuk siswa di kelas yang lebih tinggi. Dan bagi siswa di kelas-kelas yang lebih rendah bisa digunakan 2 metode lainnya yaitu:
  • Cooperative Integrated Reading and Composition atau CIRC. Metode ini bisa diterapkan untuk Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar tingkat awal khusus untuk pembelajaran membaca dan menulis. 
  • Team Accelerated Instruction atau TAI. Metode ini bisa dipakai untuk pengajaran di taman Kanak-kanak khususnya bidang matematika. --Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran
Macam-macam Metode Pembelajaran - gambar: postgrad.com


3. Macam-macam Metode Pembelajaran - Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah


Dan metode yang ketiga dari macam-macam metode pembelajaran adalah metode pembelajaran berdasarkan masalah. Pengerti dari metode ini adalah metode dimana para siswa akan dihadapkan pada sebuah contoh kasus atau permasalahan yang harus dipecahkan dengan berdasarkan semua bahan pengajaran yang telah atau akan diberikan.

Di sini diharapkan para siswa akan semakin mampu menghadapi segala persoalan yang ada di dunia nyata dan nantinya akan ditemui di sekitar mereka. Maka dari itu metode ini banyak digunakan untuk pembelajaran tingkat lanjutan di mana para siswa akan segera menemukan berbagai permasalahan sosial di kehidupan bermasyarakat.

Ada macam-macam metode pembelajaran berdasarkan masalah, yaitu:
  • Project Based Instruction. Disebut juga dengan Pembelajaran Berdasarkan Proyek, dimana para pelajar diberikan kebebasan penuh dalam membuat sebuah proyek pembelajaran berdasarkan masalah.
  • Experience Based Instruction. Di sini para siswa akan belajar memecahkan masalah berdasarkan sebuah percobaan, sehingga siswa akan mengalami dan melihat secara nyata hasilnya dan dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalamannya. Oleh sebab itu metode ini dinamakan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman.
  • Authentic Learning. Atau disebut juga Pembelajaran Alamiah, dimana para siswa akan diberikan kesempatan kebebasan menyelesaikan masalah dengan cara berpikir mereka masing-masing secara alamiah.
  • Anchored Instruction. Yaitu Pembelajaran Bermakna, dimana para siswa akan belajar memecahkan permasalahan dengan menggunakan teori atau metode ilmu pengetahuan. --Macam-macam Metode Pembelajaran


Itulah informasi singkat mengenai macam-macam metode pembelajaran yang ada, semoga penjelasan singkat tersebut bermanfaat.



Incoming search terms :

metode pembelajaran, metode pembelajaran bahasa inggris, metode pembelajaran bahasa arab, metode pembelajaran paud, buku metode pembelajaran, metode pembelajaran anak usia dini, metode pembelajaran inovatif, metode pembelajaran kooperatif, metode pembelajaran matematika sd, macam-macam metode pembelajaran
Custom Search