Macam Macam Sumber Energi Bumi

Macam-macam Sumber Energi. Ada bermacam sumber energi yang bisa kita temukan di bumi ini.

Secara sederhana yang dimaksud dengan sumber energi adalah sesuatu yang dapat memberikan atau menghasilkan energi lainnya.

Di bumi ini ada banyak unsur material alam dalam berbagai bentuk yang dapat diubah menjadi energi yang dapat digunakan dan bisa diubah untuk menghasilkan jenis energi lain seperti listrik, panas, cahaya, dan gerak.


Macam-macam Sumber Energi Berdasar Sifat Alaminya


Berdasarkan sifat alaminya, macam-macam sumber energi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa yaitu:


1. Primer. 

Yaitu sumber energi yang langsung bisa ditemukan di alam seperti:
  • angin 
  • air 
  • matahari 
  • kayu 
  • batu bara 
  • minyak 
  • nuklir 

2. Sekunder. 

Yaitu sumber energi yang diperoleh dari sumber-sumber energi primer lainnya, seperti misalnya:
  • listrik 
  • gas


Macam-macam Sumber Energi Berdasar Ketersediannnya


Sedangkan klasifikasi atau pengelompokan macam-macam sumber energi berdasarkan dari cadangan (jumlah) yang tersedia di alam dan kapasitas regenarasinya adalah sebagai berikut:


1. Energi Terbarukan - Macam-macam Sumber Energi


Energi Terbarukan yaitu sumber energi dari alam yang bisa langsung digunakan secara bebas, dan langsung bisa diperbarukan secara alami terus-menerus dan tak terbatas. Beberapa contoh diantaranya adalah:

  • Sinar Matahari

Energi Matahari terdiri dari dua unsur penting yaitu unsur sinar matahari dan unsur panas matahari. Keduanya memiliki manfaat masing-masing yang sangat luar biasa. Dan dapat digunakan untuk berbagai hal seperti misalnya untuk menghasilkan listrik tenaga matahari, fotosintesis buatan, dan berbagai hal di bidang arsitektur bangunan ramah lingkungan.

  • Angin (arus atmosfer) 

Penggunaan angin sebagai sumber energi seringkali diterapkan pada teknologi kincir angin di negara-negara yang memiliki intensitas angin yang banyak. Kekuatan angin akan digunakan untuk mendorong bilah-bilah turbin kincir angin. Turbin ini akan menyebabkan rotasi magnet, yang menghasilkan arus listrik.

Macam-macam Sumber Energi - Pengertian Energi
Macam-macam Sumber Energi Bumi - Kincir Angin


  • Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi panas yang dihasilkan dan disimpan dalam kerak bumi . Energi panas adalah energi yang menentukan suhu materi . Energi panas bumi dari kerak bumi berasal dari pembentukan asli planet bumi. Panas bumi adalah energi panas yang dihasilkan dari peluruhan radioaktif serta pelepasan panas yang berlangsung terus-menerus dari dalam bumi . Suhu pada inti bumi dapat mencapai lebih dari 4000°C. panas inilah yang nantinya dapat diolah menjadi sumber energi lain.

  • Air Laut Pasang (Gelombang air laut)

Gelombang air laut pasang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sumber energi yang menghasilkan energi listrik.

  • Air Terjun (aliran hidrolik) 

Air terjun merupakan sumber energi alami yang bisa digunakan untuk Pembangkit Linstrik Tenaga Air. Daya gravitasi dari air yang jatuh atau mengalir dapat diolah dan diubah menjadi energi listrik. Selain air terjun, pembangkit listrik tenaga air juga dapat dihasilkan menggunakan bendungan buatan atau dam.

  • Tumbuhan (kertas, kayu) 

Berbagai jenis tanaman seperti pohon-pohonan dapat dimanfaatkan kayunya untuk diolah menjadi berbagai produk lain seperti kayu bakar, kertas, dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya tanaman adalah salah satu energi yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terbarukan. Dan efek samping habisnya tumbuhan hutan dapat pula menyebabkan terjadinya berbagai bencana alam besar.

  • Hewan (lilin, minyak)

Beberapa jenis hewan mampu menghasilkan lemak yang juga bisa dimanfaatkan sebagai minyak pelumas, lilin, dan lain-lain.


2. Energi Tak Terbarukan - Macam-macam Sumber Energi


Energi tak terbarukan yaitu berbagai sumber energi yang jumlahnya sangat terbatas di bumi ini. Jika telah habis, maka energi jenis ini tidak akan bisa diperbarukan lagi. Dan karena jumlahnya yang sangat terbatas itulah maka penggunaan atau pemanfaatannya sangat dibatasi. Contoh dari macam-macam sumber energi tak terbarukan ini adalah:

  • Fosil

Fosil yang ada di dalam bumi kita bisa menghasilkan beberapa produk diantaranya gas alam, minyak bumi, dan batu bara.

  • Mineral Alam

Berbagai mineral alami yang terkandung di dalam bumi yang sangat berguna sebagai sumber energi misalnya adalah uranium.


Itulah sedikit mengenai macam-macam sumber energi yang ada di bumi ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Incoming search terms :

energi kinetik, energi listrik, energi alternatif, pengertian energi, konversi energi, energi nuklir, energi biomassa, sumber energi listrik, sumber-sumber energi, macam-macam sumber energi
Custom Search