Macam Macam Pantun Adalah....

Macam Macam Pantun adalah... Berikut di bawah ini informasi lengkap mengenai macam-macam pantun yang ada di Indonesia beserta pengertiannya.


Macam Macam Pantun - Pantun Adalah...


Macam macam pantun banyak sekali digunakan pada jaman dahulu. namun pada masa sekarang ini orang sudah sangat jarang menggunakan pantun dalam kehidupan sehari-hari. Hanya beberapa kalangan tertentu saja atau pada saat-saat tertentu saja orang masih menggunakan jenis jenis pantun tertentu misalnya dalam sebuah acara kesenian di beberapa daerah atau televisi.

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan pantun. Secara umum yang dimaksud dengan pantun adalah salah satu jenis dari puisi kuno yang banyak dipakai dalam perbincangan atau dalam keseharian masyarakat, terutama masyarakat adat daerah tertentu. Macam macam pantun yang ada di masyarakat dan berbagai daerah juga ada banyak sekali.


Macam Macam Pantun | Ciri ciri Pantun


Banyak orang bingung atau sulit membedakan antara macam macam pantun yang ada dengan puisi, syair, maupun sajak. Pada dasarnya pantun memiliki beberapa aturan atau patokan dalam struktur bentuknya. Dan patokan atau aturan yang paling umum digunakan pada sebuah pantun terletak pada jumlah baris dan juga susunan suku kata akhirnya.

Ciri ciri pantun biasanya terdiri dari 4 baris kalimat pendek yang terdiri dari sekitar 8 hingga 12 suku kata pada setiap baris kalimatnya. Kemudian suku kata terakhir dalam sebuah pantun harus berbunyi atau berpola a-a-a-a atau bisa juga berpola a-b-a-b. Tetapi polanya tidak bisa dengan pola yang lain seperti misalnya a-b-b-a atau a-a-b-b.

Ciri ciri pantun berikutnya yaitu bagian pantun yang akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian sampiran dan bagian isi. Bagian sampiran merupakan baris pengantar yang terdiri dari 2 baris kalimat yang terletak pada bagian pertama pantun yaitu pada baris 1 dan baris 2. Sedangkan bagian isi pantun terletak pada baris 3 dan baris 3.

Bagian sampiran pantun biasanya tidak memiliki maksud seperti bagian isi. Bagian ini hanya merupakan bagian pengantar dari isi pantun. Bagian sampiran biasanya merupakan baris kalimat yang berisi atau bercerita tentang nilai budaya setempat. Sedangkan bagian isi pantun biasanya berisi sebuah pesan dan memiliki arti atau makna kepada siapa atau untuk apa macam macam pantun tersebut ditujukan.


Macam Macam Pantun di Indonesia


Seperti halnya batik, pantun adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia. Ada banyak sekali jenis jenis pantun yang ada. Berikut ini macam macam pantun yang ada di Indonesia :

    Macam Macam Pantun - Jenis Jenis Pantun - Pantun Adalah - Pantun Peribahasa
  • Pantun Adat. Pantun adat merupakan jenis pantun yang biasa digunakan dalam acara-acara adat di daerah-daerah tertentu. Pantun jenis ini biasanya berisi pesan yang mengandung nilai-nilai adat setempat.
  • Pantun Agama. Yaitu pantun yang dibuat untuk tujuan penyampaian pesan moral berlandaskan agama. Pantun jenis ini bisa digunakan dalam acara-acara keagamaan atau dalam sebuah ceramah keaagamaan.
  • Pantun Budi. Pantun budi berisi pesan-pesan moral yang berhubungan dengan budi pekerti dan atau nilai luhur dalam beretika.
  • Pantun Jenaka. Pantun jenaka biasanya berisi pesan-besan yang bersifat lucu. Pantun seperti ini biasa digunakan dalam acara-acara hiburan, karena macam macam pantun jenaka memiliki sifat dan fungsi yang sama yaitu sebagai alat penghibur.
  • Pantun Kepahlawanan. Pantun kepahlawanan banyak berisi pesan-pesan kepahlawanan, dan biasanya berfungsi untuk membangkitkan semangat perjuangan.
  • Pantun Kias. Dalam pantun kias selalu berisi berbagai kalimat yang berbentuk kiasan, yang selalu memiliki makna terpendam di dalamnya.
  • Pantun Nasihat. Pada pantun nasehat ada terdapat sebuah nasehat yang terkandung di dalamnya. Jenis pantun seperti ini bisa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan berbagai nasehat kepada orang yang lebih muda.
  • Pantun Percintaan. Yaitu sebuah jenis pantun yang berisi kalimat yang bersifat romantisme atau berisi tentang percintaan. Macam macam pantun seperti ini basa dipakai oleh seseorang untuk merayu orang yang dipujanya. Atau bisa juga dipakai dalam sebuah acara pernikahan adat di daerah tertentu.
  • Pantun Peribahasa. Jenis pantun peribahasa berisi sebuah kalimat peribahasa, dengan berbagai makna yang terkandung di dalam pantun tersebut.
  • Pantun Perpisahan. Pantun ini berisi pesan perpisahan dan biasa digunakan dalam sebuah momen perpisahan antara seseorang dengan orang lain, atau bisa juga dipakai pada sebuah acara perpisahan adat.
  • Pantun Teka-teki. Pantun teka-teki berisi sebuah teka-teki atau pertanyaan yang harus dijawab oleh orang yang diberikan teka-teki.

Itulah macam macam pantun yang ada di Indonesia. Dia atas hanyalah beberapa jenis saja, masih ada banyak lagi jenis jenis pantun lainnya.

Macam Macam Pantun - Jenis Jenis Pantun - Pantun Adalah - Berbalas Pantun Betawi
Tradisi Berbalas Pantun Pernikahan Betawi


Macam Macam Pantun - Fungsi Pantun


Walaupun penggunaan macam macam pantun dalam sebuah percakapan atau acara tertentu sekarang ini sudah sangat jarang, namun peran pantun dalam bahasa sangat penting. Hal ini karena biasanya dalam sebuah pantun bisa berisi kata-kata yang banyak dipakai pada masa lalu. Sehingga pantun bisa berguna sebagai media untuk memelihara bahasa, dan mencegah bahasa dari kepunahan.

Selain sebagai alat untuk memlihara keberadaan sebuah bahasa, pantun adalah media untuk melatih cara berfikir seseorang. Ini karena ketika seseorang berpantun, ia akan mencoba merangkai kalimat yang beralur, berirama, dan sekaligus bermakna. Jadi pantun juga bisa melatih seseorang untuk selalu berfikir panjang sebelum berkata.

Dalam sebuah adat tradisi di daerah tertentu pantun juga bisa berfungsi sebagai alat penguat dalam penyampaian sebuah pesan. Dan juga peran lainnya adalah untuk menjaga tradisi budaya di beberapa daerah. Dan karena besarnya peran dan fungsi pantun itulah maka tugas kita untuk selalu menjaga keberadaan macam macam pantun di Indonesia.


Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai macam macam pantun berikut ciri ciri pantun yang ada di Indonesia, semoga informasi jenis jenis pantun di atas bermanfaat.



Incoming search terms :

pantun lucu, pantun teka teki, pantun agama, contoh pantun, pantun gombal, ciri ciri pantun, contoh pantun nasehat, pantun anak anak, pantun pendidikan, macam macam pantun
Custom Search