Macam Macam Bencana Alam di Indonesia

Macam Macam Bencana Alam di Indonesia. Berkut ini akan kita bahas mengenai macam macam bencana alam di Indonesia.


Macam Macam Bencana Alam di Indonesia


Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat akrab dengan bencana, khususnya bencana alam.

Hal ini tidak lepas dari topografi dan kondisi alam Indonesia yang sangat dekat dengan sumber-sumber bencana alam.


Macam Macam Bencana Alam di Indonesia – Klasifikasi Bencana


Tidak semua jenis bencana yang terjadi di Indonesia adalah murni akibat dari alam. Banyak juga bencana yang terjadi akibat dari ulah manusia sendiri. Untuk itu Indonesia secara umum membagi bencana menjadi 3 macam, yaitu:

1. Bencana Alam

Bencana alam yaitu bencana yang dihasilkan dari proses alami Bumi. Contohnya termasuk banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan proses geologi lainnya. Meskipun begitu, peristiwa bencana alam dapat pula terjadi karena eksploitasi berbagai sumber energi dari alam oleh manusia secara berlebihan.

2. Bencana Non Alam

Bencana non alam yaitu bencana yang dihasilkan akibat dari peristiwa non alam. Penyebab bencana ini ada beberapa seperti kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi, epidemi, dan juga penyebaran penyakit yang mewabah.

3. Bencana Sosial

Bencana sosial yaitu sebuah peristiwa bencana yang disebabkan oleh tingkah laku manusia. Yang termasuk di dalam bencana sosial ini meliputi konflik sosial antar kelompok masyarakat tertentu, lalu ada juga peristiwa teror.


Macam Macam Bencana Alam di Indonesia – Berbagai Bencana di Indonesia


Berikut ini khusus dibahas sedikit mengenai macam macam bencana alam di Indonesia. Yaitu bencana yang murni disebabkan oleh gejala alam:

Macam Macam Bencana Alam di Indonesia
Angin Puting Beliung

  • Gempa Bumi. Gempa bumi adalah sebuah peristiwa bencana (bencana alam) akibat dari pergeseran lempeng bumi, atau aktivitas letusan gunung berapi, ataupun peristiwa runtuhnya batuan di daerah tertentu.
  • Letusan Gunung Berapi. Merupakan bencana alam yang diakibatkan dari peristiwa erupsi yang disebabkan oleh adanya aktivitas gunung berapi.
  • Tsunami (Ombak Besar). Yaitu bencana alam yang diakibatkan oleh adanya pergeseran lempeng bumi yang ada di bawah laut. Pergeseran ini menimbulkan gempa bumi dan mengakibatkan adanya gelombang laut yang sangat besar.
  • Tanah Longsor. Merupakan peristiwa bencana alam akibat dari adanya pergerakan massa tanah atau bebatuan di daerah perbukitan atau gunung menuju ke bawah. Ironisnya tanah longsor bisa juga diakibatkan oleh penebangan hutan oleh manusia.
  • Banjir. Peristiwa bencana akibat dari bertambahnya volume air yang menyebabkan terendamnya suatu daerah. Bencana banjir juga bisa disebabkan oleh manusia yang membuang sampah sembarangan dan membuat saluran-saluran air mampet.
  • Kekeringan. Peristiwa bencana alam yang diakibatkan oleh panjangnya musim kemarau, atau keterbatasan ketersediaan air di suatu daerah.
  • Kebakaran. Peristiwa bencana yang diakibatkan oleh api yang melanda sebuah daerah tertentu seperti pemukiman penduduk, gedung, atau tempat umum lainnya.
  • Kebakaran Hutan. Peristiwa bencana alam yang terjadi akibat dari terbakarnya area hutan oleh api. Hal ini akan menimbulkan kerusakan hutan yang parah dan mengganggu ekosistem alam. Efek samping yang lain adalah munculnya bencana kabut asap.
  • Angin Puting Beliung. Peristiwa bencana alam yang diakibatkan oleh munculnya angin yang bergerak memutar seperti spiral dengan kecepatan tinggi sekitar 40-50 km/jam yang menyentuh daratan dengan cepat dan akan hilang dalam waktu 3-5 menit saja. Namun dampaknya menimbulkan kerusakan parah pada daerah yang dilewatinya.
  • Gelombang Laut Pasang. Peristiwa bencana alam karena munculnya gelombang air laut yang sangat tinggi akibat adanya angin siklon tropis. Gelombang pasang akan mengakibatkan gelombang laut yang tinggi, angin kencang, dan hujan sangat deras.
  • Abrasi. Peristiwa kerusakan alam di sekitar pantai yang menyebabkan kerusakan ekosistem pantai dan erosi pada garis pantai di sekitarnya. Penyebabnya bisa karena gejala alam, maupun manusia yang merusak kawasan pantai.


Itulah sedikit mengenai macam macam bencana alam di Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Incoming search terms :

macam bencana alam, bencana longsor, bencana tanah longsor, bencana alam banjir, bencana alam indonesia, artikel bencana alam, bencana banjir, kliping bencana alam, berita bencana banjir, macam macam bencana alam di Indonesia
Custom Search