Macam Macam Zodiak Yaitu...

Macam Macam Zodiak Yaitu... Berikut ini adalah info tentang macam macam zodiak, lengkap dengan tanggal zodiak dan ulasan masing-masing zodiak.


Macam Macam Zodiak


Zodiak seperti yang telah kita tahu bersama telah ada sejak jaman dahulu kala di masa sebelum masehi. Dan hebatnya zodiak ini masih ada dan masih banyak dikenal dan digunakan sampai dengan masa sekarang ini.

Ini menandakan bahwa meskipun pemikiran mengenai zodiak ini diciptakan atau muncul sejak jaman dahulu namun perhitungan dari sisi astrologi memang sangat baik dan akurat. Nah di bawah ini kita akan sedikit bahas tentang pengertian zodiak dan macam macam zodiak.


Macam Macam Zodiak - Pengertian Zodiak


Pengertian zodiak secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah sistem koordinat di langit yang menggunakan patokan garis ekliptika sebagai patokan garis lintangnya, dan posisi matahari sebagai patokan garis bujurnya. Sedangkan yang dimaksud dengan ekliptika sendiri yaitu garis jalur pergerakan matahari di langit selama satu tahun. Dan di sini zodiak berupa lingkaran di busur langit yang dibagi menjadi 12 bagian masing-masing selebar 30°, dan macam macam zodiak ini kesemuanya berpusat pada ekliptika.


Macam Macam Zodiak - Sejarah Zodiak


Zodiak telah ada sejak lama bahkan sebelum jaman masehi. Diperkirakan sejarah zodiak dengan bentuk 12 rasi bintang seperti yang kita kenal sekarang ini telah  dikenalkan pertama kali oleh bangsa Babilonia kurang lebih pada abad ke-7 Sebelum Masehi. Ilmu astronomi bangsa Babilonia diyakini merupakan yang pertama membagi ekliptika menjadi 12 tanda rasi zodiak. Meskipun begitu beberapa simbol dalam zodiak diyakini telah ada jauh sebelum masa itu hingga seribu tahun sebelum masehi, seperti misalnya gemini dan cancer.

Dan di masa modern zodiak selalu dihubungkan dengan 2 macam ilmu yaitu ilmu Astrologi dan juga ilmu Astronomi. Ilmu Astronomi yaitu ilmu yang mempelajari tentang perbintangan seperti planet, bintang, bulan, matahari, dan galaksi. Sedangkan yang dimaksud dengan Ilmu Atronomi yaitu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara berbagai kejadian astronomi dengan manusia. Di bidang Astrologi inilah macam macam zodiak selalu dihubungkan dengan berbagai aspek kehidupan manusia.


12 Macam Macam Zodiak


Secara keseluruhan macam macam zodiak terbagi menjadi 12 zodiak. Berikut ini adalah kedua belas macam zodiak tersebut beserta simbol zodiak, lambang zodiak dan tanggal zodiak :

Macam Macam Zodiak - Bintang Zodiak
Macam Macam Zodiak - Lambang Bintang Zodiak (gambar: freepik.com)


  1. Aries. Zodiak yang pertama adalah zodiak Aries, yaitu rasi bintang dengan simbol () yang membentang dengan sudut lintang 0° - 30°. Matahari berada di sudut zodiak Aries ini antara tanggal 21 Maret - 19 April setiap tahunnya. Zodiak Aries selalu dilambangkan dengan binatang biri-biri jantan.
  2. Taurus. Zodiak Taurus yang memiliki simbol () ini membentang pada sudut antara 30° - 60°. Matahari berada pada zodiak Taurus  ini pada tangga 20 April - 20 Mei setiap tahun. Zodiak Taurus dilambangkan dengan binatang banteng.
  3. Gemini. Zodiak Gemini memiliki simbol () dan zodiak Gemini berada antara tanggal 21 Mei - 20 Juni, dengan sudut lintang antara 60° - 90°. Dan zodiak Gemini dilambangkan dengan dua orang wanita kembar.
  4. Cancer. Zodiak Cancer mempunyai simbol () dan terbentang pada sudut 90° -  120° dengan posisi matahari di zodiak Cancer ini antara tanggal 21 Juni - 22 Juli. Zodiak Cancer dilambangkan dengan binatang kepiting.
  5. Leo. Zodiak Leo disimbolkan dengan (), dan membentang pada sudut 120° - 150°. Pada Zodiak Leo posisi matahari berada di sini antara tanggal 23 Juli - 22 Agustus. Dan zodiak Leo memiliki lambang binatang singa.
  6. Virgo. Zodiak Virgo adalah zodiak ke enam dan memiliki simbol (). Zodiak Virgo membentang di antara sudut lintang 150° - 180°, dan dengan rentang waktu antara tanggal 23 Agustus - 22 September. Zodiak Virgo selalu dilambangkan dengan seorang gadis perawan.
  7. Libra. Zodiak Libra adalah zodiak yang memiliki simbol () dan memiliki rentang sudut 180° - 210°. Matahari berada di sudut zodiak Libra ini diantara tanggal 23 September - 22 Oktober. Dan zodiak Libra dilambangkan dengan sebuah timbangan.
  8. Scorpio. Zodiak Scorpio mempunyai sombol zodiak (), dan berada pada bentangan sudut 210° - 240°. Matahari berada pada sudut zodiak Scorpio ini pada tanggal 23 Oktober - 21 November. Sedangkan zodiak scorpio ini selalu dilambangkan dengan seekor binatang kalajengking.
  9. Sagitarius. Zodiak Sagitarius disimbolkan dengan () dan memiliki bentang sudut lintang antara 240° - 270°. Pada rentang tanggal 22 November - 21 Desember matahari ada di sudut zodiak Sagitarius ini. Dan zodiak Sagitarius mempunyai lambang seorang pemanah berbadan binatang.
  10. Capricorn. Zodiak Capricorn atau Kaprikornus memiliki simbol (), dan memiliki bentang sudut 270° - 300°. Matahari berada pada zodiak Capricorn ini diantara tanggal 22 Desember - 19 Januari. Zodiak Capricorn selalu dilambangkan dengan seekor binatang kambing.
  11. Aquarius. Zodiak Aquarius atau akuarius adalah zodiak yang mempunyai simbol (), dan sudut antara 300° - 330°. Matahari berada di zodiak Aquarius ini pada tanggal 20 Januari - 18 Februari. Dan zodiak Aquarius dilambangkan dengan seorang pembawa air.
  12. Pisces. Zodiak Pisces mempunyai simbol (), dan mempunyai bentang sudut lintang 330° - 360°. Zodiak Pisces berada antara tanggal 19 Februari - 20 Maret, dan zodiak Pisces selalu dilambangkan dengan seekor ikan.


Macam Macam Zodiak - Perbedaan Tanggal Zodiak


Secara umum ada 2 perbedaan perbedaan tanggal zodiak dalam macam macam zodiak, yaitu berdasarkan simbol Astrologi dan berdasarkan Astronomi. Dan berdasarkan tanda Astrologi pun juga terdapat 2 perbedaan tanggal yaitu berdasarkan Tropical Zodiac (2011), dan berdasar Sidereal Zodiac (2011).

Berikut ini tabel macam macam zodiak beserta simbol dan tanggal zodiak :

Macam Macam Zodiak - Tabel Zodiak
Macam Macam Zodiak - Tabel Bintang Zodiak - Tanggal Zodiak (gambar: wikipedia)


Itulah sedikit info tentang macam macam zodiak, pengertian zodiak, tanggal zodiak, dan sedikit ulasan sejarah zodiak, semoga bermanfaat.

sumber: wikipedia


Incoming search terms :

ramalan zodiak hari ini, ramalan zodiak minggu ini, bintang zodiak, zodiak leo, zodiak gemini, zodiak taurus, zodiak virgo, zodiak aries, zodiak aquarius, zodiak scorpio, zodiak pisces, zodiak libra, zodiak sagitarius

No comments:

Custom Search