Macam Macam Kue Kering Terlaris

Macam Macam Kue Kering. Berikut di bawah ini adalah beberapa macam kue kering yang paling populer dan paling laris dijual di Indonesia khususnya pada saat hari raya.


Macam Macam Kue Kering


Sebelum jauh berbicara tentang kue kering dan aneka macamnya, mungkin anda masih sedikit bingung dengan apakah yang dimaksud dengan kue kering. Pengertian kue kering sendiri yaitu jenis kue yang dimasak dengan teknik oven atau panggang, sehingga membuat jenis kue ini mempunyai kadar air yang sangat rendah sekali.

Teknik panggang yang digunakan akan menurunkan kadar air yang terkandung di dalam adonan kue, sehingga saat kue sudah jadi atau sudah matang maka akan bertekstur agak keras dan kebanyakan cenderung renyah. Oleh sebab itu sebagian besar dari macam macam kue kering ini biasanya tahan disimpan dalam jangka waktu yang jauh lebih lama dan tidak mudah basi atau berjamur.


Macam Macam Kue Kering Saat Hari Raya


Hari raya di dimanapun di dunia biasanya tidak bisa lepas dengan aneka jenis makanan. Dan khususnya di Indonesia ini dimana ada banyak sekali macam macam hari raya baik yang sifatnya keagamaan maupun dengan latar belakang lainnya. Dan hari raya di Indonesia juga sangat identik dengan aneka macam makanan lezat.

Salah satu jenis makanan yang wajib ada saat merayakan hari raya adalah kue. Kue sendiri sebenarnya ada 2 jenis yaitu kue basah dan kue kering. Jika kue kering bersifat rendah kadar air dan renyah, maka kue basah memiliki sifat kebalikannya. Dan di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis jenis kue kering. Nah di bawah ini adalah macam macam kue kering yang paling populer dan paling banyak dicari orang.


Macam Macam Kue Kering Terpopuler


Berikut ini adalah macam macam kue kering yang paling banyak dicari, terutama di Indonesia :


1. Nastar. 


Kue nastar adalah jenis kue kering yang paling populer di Indonesia terutama pada saat hari raya seperti Lebaran ataupun Natal. Kue yang berbentuk bulat kecil ini dibuat dari bahan utama tepung dan keju, dengan isian selai nanas di dalamnya. Teksturnya yang sangat empuk dan rasa yang khas campuran dari gurihnya keju dan manisnya selai nanas membuat kue nastar menjadi salah satu dari macam macam kue kering yang paling terkenal dan wajib ada saat hari raya.


2. Kastangel


Kue kastangel menjadi pasangan yang selalu ada jika ada kue nastar. Memang kedua jenis kue ini biasanya selalu ada berpasangan dan wajib disajikan pada saat hari raya. Kue kastangel adalah salah satu jenis dari macam macam kue kering yang terbuat dari keju sebagai bahan utamanya. Dengan rasa gurihnya keju yang sangat kuat menjadi paduan yang sangat cocok bagi kue nastar yang manis.


3. Putri Salju


Kue putri salju adalah salah satu dari jenis jenis kue kering yang dibuat dengan rasa manis. Bahan pembuatannya yang juga memakai susu menjadikan tekstur kue putri salju ini sangat lembut. Kemudian yang sangat khas dari kue putri salju ini adalah taburan gula manis yang membalut permukaan kue yang berbentuk bulan sabit ini. Taburan bubuk gula putih inilah yang membuat kue ini terlihat seperti salju hingga diberi nama putri salju.

Macam Macam Kue Kering - Kue Kering Putri Salju
Kue Putri Salju (gambar: resepkuekering.org)


4. Lidah Kucing


Namanya sangat lucu dan khas, yaitu lidah kucing. Kue kering yang satu ini memang bentuknya biasanya oval dan sangat tipis, sehingga dianggap menyerupai lidah seekor kucing. Tekstur kue lidah kucing sangat kering dan renyah, ini karena bentuknya yang tipis hingga membuat kue ini sangat mudah kering saat dipanggang


5. Sus kering


Kue sus kering adalah salah satu jenis dari macam macam kue kering yang bernama sus. Ya, memang ada lebih dari satu jenis kue sus misalnya ada kue sus basah. Yang membedakan kue sus kering dan kue sus basah yang  paling mencolok terlihat dari isiannya. Kue sus basah biasanya menggunakan isian fla, sedangkan kue sus kering biasanya tanpa isian atau kosong. Selain itu bentuk kue sus kering biasanya jauh lebih kecil.

Macam Macam Kue Kering - Kue Sus Kering
Kue Sus Kering (gambar: resepkuekering.org)


6. Kue Sagu


Kue sagu adalah kue yang juga biasanya selalu ada di kala hari raya. Kue ini dibuat dari bahan utamanya bubuk sagu yang berwarna putih. Teksturnya sanyat lembut dan mudah meleleh di lidah kita. Selain itu warnanya yang putih menjadikannya sangat menarik dan terlihat lezat.


Macam Macam Kue Kering dan Variasinya


Dari macam macam kue kering di atas biasanya kemudian muncullah berbagai variasinya untuk lebih memperkaya rasa yang telah ada. Aneka variasi tersebut biasanya berkaitan erat dengan rasa, misalnya dengan cara memodifikasi rasa aslinya. Sebagai contoh misalnya kue kering nastar yang aslinya berisikan selai nanas, lalu bisa diganti dengan isian selai kacang atau isian selai yang lainnya. Atau misalnya kue kering lidah kucing dibuat dengan rasa coklat atau rasa bawang, dan lain sebagainya.


Itulah beberapa contoh dari macam macam kue kering yang paling terkenal dan banyak dicari terutama di Indonesia saat hari raya, semoga bermanfaat.



Incoming search terms :

resep kue kering, resep kue kering nastar, aneka kue kering, kue kering, resep kue kering terbaru, cara membuat kue kering, resep kue kering coklat, resep kue kering lebaran, resep kue kering lebaran, macam macam kue kering
Custom Search