Sejarah Mikroskop dan Macam Macam Mikroskop

Macam Macam Mikroskop dan Sejarah Mikroskop. Pengertian mikroskop adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk meneliti atau melihat sebuah benda atau obyek yang ukurannya terlalu kecil dan tidak bisa dilihat secara kasat mata atau dengan mata telanjang.


Macam Macam Mikroskop – Asal Istilah Mikroskop (Sejarah Mikroskop)


Sejarah mikroskop yang pertama yaitu sejarah nama microskop itu sendiri. Istilah “Mikroskop” berasal dari dua buah kata dari bahasa Yunani kuno yaitu “mikros” yang memiliki arti “kecil” dan kata “skopein” yang mempunyai arti “melihat”.

Kemudian ada juga istilah “Mikroskopi” yang berarti ilmu yang menyelidiki benda yang berukuran sangat kecil dengan menggunakan alat mikroskop. Lalu ada lagi istilah “Mikroskopis” yaitu artinya benda atau obyek yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang (secara kasat mata) kecuali dengan menggunakan alat mikroskop.


Macam Macam Mikroskop – Sejarah Mikroskop


Sebenarnya memang agak sulit dalam sejarah mikroskop mengidentifikasikan siapa penemu mikroskop pertama, karena sulitnya menemukan bukti yang kuat tentang alat ini. Namun sebuah bukti sejarah telah ditemukan yang mengacu pada penemuan bentuk pertama dari mikroskop. Bukti ini mengacu pada tahun 1500-an di Belanda. Ada sebuah perlengkapan yang diduga merupakan bagian dari penemuan pembuatan kacamata.

Karena ketidakjelasan mengenai penemu awal mikroskop ini maka muncullah beberapa klaim mengenai siapa penemunya. Ada yang berpendapat Hans Lippershey (yang mengembangkan teleskop awal) dan Zacharias Janssen (juga diklaim sebagai penemu teleskop) merupakan penemu awal. Lalu Ada juga klaim lain yang mengatakan bahwa mikroskop dan teleskop diciptakan oleh Roger Bacon pada tahun 1200 walaupun tidak ada bukti kuat. Galileo Galilei juga membuat semacam alat untuk melihat benda kecil yang dia sebut dengan "occhiolino" atau "mata kecil" pada tahun 1625. Dan kemudian dinamakan dengan mikroskop oleh Giovanni Faber. --Sejarah Mikroskop

Ilustrasi Sejarah Mikroskop dan Macam Macam Mikroskop
Ilustrasi Sejarah Mikroskop dan Macam Macam Mikroskop - gambar : popularmechanics.com


Macam Macam Mikroskop


Secara umum macam macam mikroskop bisa dikategorikan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan ini berdasarkan penggunaan dan fungsinya. Berikut ini adalah macam macam mikroskop yang umum di dunia:

1. Optical Microscopes (Mikroskop Optik)


Mikroskop optik juga disebut sebagai mikroskop cahaya, merupakan jenis peralatan optik yang menggunakan satu atau lebih lensa yang mampu menghasilkan gambar yang diperbesar dari sebuah benda atau sampel yang diletakkan pada sebuah bidan fokus. Lensa pada mikroskop optik biasanya terbuat dari kaca bias atau, plastik atau dari kuarsa. Lensa ini akan berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke dalam mata atau detektor cahaya lain.

Mikroskop optik yang digunakan mikroskop untuk mengamati bagian dalam sel disebuat dengan mikroskop monokuler dan mikroskop binokulerMikroskop monokuler yaitu mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler. Seddangkan mikroskop binokuler yaitu mikroskop yang memiliki 2 lensa okuler. --Macam Macam Mikroskop

Macam Macam Mikroskop dan Sejarah Mikroskop
Bagian-bagian Mikroskop


2. Electron Microscopes (Mikroskop Elektron)


Macam macam mikroskop Elektron sendiri dibagi lagi menjadi 2 macam yaitu:
  • Scanning electron microscope (SEM) atau Mikroskop Elektron Scanning. Alat ini berguna untuk mengamati permukaan benda yang jumlahnya banyak dengan cara memindai permukaan dengan sinar elektron halus.
  • Transmission electron microscope (TEM) atau Mikroskop Elektron Transmisi. Bekerja dengan cara menyinari sampel dengan elektron hingga menembus permukaan sampel.


3. Scanning Probe Microscopes (Mikroskop Pemindai)

Mikroskop Pemindai ini bekerja dengan cara menganalisa sebuah titik dalam sampel dan kemudian memindainya pada sebuah area sampel berbentuk persegi panjang untuk kemudian diwujudkan menjadi sebuah gambar


4. Tipe Lainnya


Yang termasuk jenis ini adalah Scanning Acoustic Microscopes atau Mikroskop Pemindai Akustik. Mikroskop jenis ini memiliki prinsip kerja seperti sonar, yaitu bekerja dengan menggunakan gelombang suara untuk mengukur variasi impedansi akustik. Alat ini biasanya digunakan untuk pekerjaan seperti mendeteksi cacat pada bawah permukaan bahan, termasuk yang ditemukan dalam sirkuit terpadu.

Satu lagi jenis dari macam macam mikroskop yang baru saja ditemukan yaitu "Mikroskop Kuantum". Alat yang diklaim memiliki presisi yang tak tertandingi ini dibuat oleh seorang insinyur dari Australia pada Februari 2013 yang lalu.


Itulah sedikit mengenai sejarah mikroskop beserta macam macam mikroskop yang umum digunakan sekarang ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Incoming search terms :

termometer, mikroskop stereo, kegunaan mikroskop, mikroskop binokuler, jurnal mikroskop, mikroskop digital, mikroskop monokuler, microskop, makalah mikroskop, sejarah mikroskop, macam macam mikroskop
Custom Search