Macam Macam Bunga Nasional Indonesia Tereksotis

Macam Macam Bunga Nasional Indonesia Tereksotis. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai beberapa jenis bunga asli dari negara Indonesia, yang telah secara resmi dinobatkan sebagai Bunga Nasional Indonesia.


Macam Macam Bunga, Apa Itu Bunga Nasional Indonesia?


Macam Macam Bunga Nasional Indonesia. Sebelum diuraikan mengenai bunga apa saja yang telah resmi termasuk sebagai bunga asli Indonesia atau bunga nasional Indonesia, terlebih dahulu akan sedikit dijelaskan mengenai apakah itu yang disebut sebagai Bunga Nasional dan Bunga Nasional Indonesia.

Yang dimaksud dengan Bunga Nasional yaitu jenis bunga yang dimiliki oleh sebuah bangsa atau negara, dan memiliki keindahan dan bentuk yang mampu mewakili sifat dan karakteristik dari negara atau bangsa tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan Bunga Nasional Indonesia tentu saja beberapa jenis bunga yang asli berasal dari negara Indonesia, dan juga secara fisik dan sifat mampu mewakili karakteristik dari negara Indonesia ataupun Bangsa Indonesia seutuhnya.

Dan tidaklah sembarang bunga yang bisa disebut sebagai Bunga Nasional Indonesia. Ada sebuah peraturan tertulis yang telah dibuat guna memenuhi kriteria tersebut. Ada sebuah keputusan presiden yaitu Keputusan Presiden Nomor 4/1993 yang berisi mengenai bunga apa saja yang telah ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. --Macam Macam Bunga Nasional Indonesia


Macam Macam Bunga, Bunga Apa Saja Yang Termasuk Bunga Nasional Indonesia


Berikut di bawah ini adalah macam macam bunga nasional Indonesia yang secara resmi telah ditetapkan oleh pemerintah menjadi Bunga Nasional Indonesia :


1. Bunga Anggrek Bulan (Macam Macam Bunga Nasional Indonesia)


Bunga Anggrek Bulan adalah salah satu dari macam macam bunga yang termasuk menjadi bunga nasional. Bunga Anggrek Bulan memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis dan banyak tumbuh di kawasan Asia seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, kemudian membentang ke daratan Papua, hingga ke Australia.

Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Anggrek Bulan
Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Anggrek Bulan


Sebagai bunga nasional, bunga anggrek bulan juga diberi nama julukan sebagai Puspa Pesona. Seorang ahli botani yang berkewarganegaraan Belanda yaitu Dr. C.L. Blume adalah orang yang kali pertama dianggap menemukan Puspa Pesona ini.

Iklim tropis negara Indonesia ternyata sangatlah cocok untuk tumbuh bunga cantik yang satu ini. Walaupun begitu tanaman bunga anggrek bulan tidaklah begitu menyukai sinar matahari yang berlebihan. Untuk dapat tumbuh dengan baik Puspa Pesona hanya perlu sedikit sekali sinar matahari. --Macam Macam Bunga Nasional Indonesia


2. Bunga Melati Putih (Macam Macam Bunga Nasional Indonesia)


Bunga Melati Putih adalah juga salah satu dari macam macam bunga nasional Indonesia yang telah secara resmi ditetapkan. Bunga yang juga disebut sebagai Puspa Bangsa ini sangatlah tersohor keindahannya. Tidak hanya bentuk dan warnanya yang eksotis, namun bunga melati putih ini juga mempunyai aroma wangi yang khas dan luar biasa wanginya.

Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Melati Putih
Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Melati Putih


Puspa Bangsa yang juga memiliki nama latin Jasminum sambac ini ternyata aslinya berasal dari negara-negara di Asia Selatan seperti misalanya India dan Srilanka, yang seiring perkembangannya kemudian menyebar ke negara-negara Asia tenggara seperti Indonesia.

Salah satu hal yang perlu diketahui yaitu ternyata sebelum Indonesia menetapkan Puspa Bangsa atau bunga melati putih ini sebagai bunga nasional, ternyata negara Filipina telah terlebih dahulu menetapkan bunga ini menjadi bunga nasional mereka. Penetapan oleh negara Filipina ini terjadi pada tahun 1934 oleh Frank Murphy yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Filipina. --Macam Macam Bunga Nasional Indonesia


3. Bunga Padma Raksasa (Macam Macam Bunga Nasional Indonesia)


Bunga Padma Raksasa merupakan satu diantara macam macam bunga nasional Indonesia yang diberi gelar sebagai Puspa Langka. Hal itu tidaklah mengherankan karena jenis bunga yang satu ini memanglah sangat langka dan jarang ditemukan di dunia.

Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii)
Macam Macam Bunga Nasional Indonesia - Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii)


Berdasarkan sejarahnya bunga padma raksasa pertama kali ditemukan di Sumatera tepatnya di salah satu hutan tropis di Bengkulu pada tahun 1818. Dialah Dr. Joseph Arnold yaitu seorang belanda yang sedang berada pada sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Dan akhirnya Puspa Langka ini dinamai Rafflesia Arnoldii, sesuai dengan nama penemunya yaitu Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles. Bunga ini juga adalah bunga asli Indonesia yang tumbuh subur di daerah Sumatera Selatan, khususnya di sekitar Bengkulu dan Jambi.

Ciri khusus dari bunga Padma Raksasa ini adalah ukurannya yang besar. Bunga ini merupakan jenis bunga parasit. Selain itu bunga ini tidak memiliki akar, tidak memiliki tangkai, dan juga tidak memiliki daun. Bunga sangat besar hingga diameternya bisa mencapai ukuran sekitar 1 meter, dengan berat mampu mencapai belasan kilogram.

Ketika bunganya mekar, Puspa langka ini mengeluarkan bau bangkai yang tak sedap sehingga menarik serangga terutama lalat untuk masuk ke dalam kelopak bunga. Dan karena baunya yang menyerupai bangkai ini, banyak orang salah menganggap bunga Rafflesia arnoldii ini sebagai Bunga Bangkai. Dan walaupun adan macam macam bunga sejenis ini namun Bunga Bangkai adalah bunga yang berbeda dengan Bunga Rafflesia Arnoldi, walaupun sama-sama mengeluarkan aroma busuk.


Itulah sedikit ulasan mengenai macam macam bunga yang telah ditetapkan secara resmi sebagai bunga nasional Indonesia yang sangat indah dan eksotis, semoga bermanfaat.


Custom Search